100 Hari Kerja Anies-Sandi Disorot

RMOL. Pemimpin baru ibukota, Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno yang dilantik Presiden Joko Widodo sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10) sore, dipastikan akan menghadapi sejumlah tantangan.


Sederet tantangan tersebut, antara lain ketimpangan ekonomi yang masih tinggi, masalah kemiskinan, pengangguran, pengadaan rumah bagi warga miskin, infrastruktur, lapangan kerja, fasilitas pendidikan dan kesehatan bagi segenap warganya.

"Warga pasti akan menyoroti janji Anies-Sandi selama 100 hari," kata Direktur Eksekutif Kajian Seputar Kota (Kasta) Didi O Affandi di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Menurut Didi,  Anies-Sandi didorong dapat merealisasikan janji kampanye yang tertuang melalui program OK OCE (One Kecamatan, One Centre for Entrepreneurship).  OK OCE ini merupakan ikhtiar dari pasangan ini untuk melahirkan 200 ribu pengusaha baru.

Janji lain Anies-Sandi, memperluas manfaat Kartu Jakarta Pintar dalam bentuk Kartu Jakarta Pintar Plus, membuka 200 ribu lapangan kerja baru dengan membangun dan mengaktifkan 44 pos pengembangan kewirausahaaan warga.  Lalu membangun sistem transportasi umum yang terintegrasi dalam bentuk interkoneksi antar-moda.

"Memang pekerjaan berat, tapi dengan peran aktif masyarakat serta relawan, pasti bisa terwujud dalam lima tahun ke depan," ujar Didi.

Selain itu, Anies-Sandi juga harus meningkatkan bantuan sosial untuk rumah ibadah, lembaga pendidikan keagamaan, lembaga sosial, sekolah Minggu, dan majelis taklim berbasis asas proporsionalitas dan keadilan.[dem]