108 Hotel di Makkah Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia

Ibadah haji/Net
Ibadah haji/Net

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid memastikan 108 hotel di Makkah siap sambut jemaah haji Indonesia.


"Masih ada waktu sepekan jelang kedatangan jemaah haji Indonesia ke Makkah. Hari ini kita cek sejumlah hotel, utamanya yang akan menjadi kantor sektor. Alhamdulillah, semua sudah siap," kata Subhan Cholid dikutip dari laman Kemenag, Jumat (26/5).

Menurut Subhan, PPIH Arab Saudi telah menyiapkan 108 hotel di Makkah untuk 203.320 jemaah haji reguler berdasarkan kuota dasar. Jumlah ini masih ada kemungkinan bertambah seiring adanya tambahan kuota sebanyak 8.000 jemaah.

Sebanyak 108 hotel di Makkah itu terbagi dalam 11 sektor dan satu sektor khusus Masjidil Haram. Jarak terdekat dari hotel ke Masjidil Haram sekitar 850 meter, sedang jarak terjauh sekitar 4.300 meter.

PPIH Arab Saudi telah siapkan Bus Salawat untuk mengantar jemaah ke Masjidil Haram, pergi dan pulang. Bus Salawat ini akan beroperasi selama 24 jam.

Akomodasi jemaah Indonesia ini tersebar di lima wilayah. Sektor 1 dan 2 berada di Mahbas Jin. Sektor 3 sampai 5 berada di kawasan Syisah. Sektor 6 dan Sektor 7 di Raudlah. Sektor 8 dan 9 di Jarwal. Sedang sektor 10 dan 11 ada di wilayah Misfalah.

"Kita cek kesiapan hotel, mulai dari kamar, kantor layanan, hingga klinik kesehatan dan lobi hotel. Alhamdulillah siap. Insya Allah 108 hotel yang telah dikontrak, siap sambut kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah," kata Subhan. []