13 Juni, Bike2Work akan Gelar Black Day Action, Protes Sepeda Balap Boleh Lewat JLNT

Sepeda road bike lewat Jalan Layang Non Tol Casablanca/Net 
Sepeda road bike lewat Jalan Layang Non Tol Casablanca/Net 

Komunitas Bike2Work Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk ikut dalam kegiatan Black Day Action pada Minggu (13/6) pukul 06.00 WIB di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kota Casablanca-Karet.


Melalui akun Instagram resminya, Bike2Work menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melakukan hal di luar nalar yakni mengeluarkan kebijakan baru yang melanggar aturan hukum terkait penggunaan JLNT yang diskriminatif dengan melegalkan balap sepeda roadbike di jalan raya. 

"Kami akan malakukan aksi hak atas rasa aman, berkeadilan, dan berkeselamatan di jalan dan menuntut dikembalikannya fungsi JLNT," tulis Bike2Work seperti dikutip redaksi, Jumat (11/6). 

Aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk kontrol sosial pada pemangku kebijakan agar konsisten dengan aturan dan tidak diskriminatif sesuai UU No. 38 Tahun 2004 dimana fungsi jalan adalah untuk transportasi. 

Hal ini terkait dengan dispensasi yang diberikan pada pengguna sepeda balap untuk menggunakan JLNT atau Jalan Layang Non Tol Casablanca. 

Di sisi lain, aksi ini juga sejalan dengan hak atas keselamatan para pesepeda sendiri, dan sekaligus prinsip keadilan.

Dimana salah satu alasan mengapa motor dilarang melintasi JLNT adalah faktor keselamatan, di antaranya karena faktor angin kencang.[]