136 Rumah di Pasar Gembrong Dibangun Kembali, Jupiter: Tanpa Umbar Janji, Anies Langsung Beraksi

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter/Ist
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter/Ist

Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merevitalisasi permukiman Pasar Gembrong RW 001 Cipinang Besar, Jakarta Timur memperoleh apresiasi publik.


Seperti disampaikan Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter dalam keterangannya, Jumat (1/7).

Jupiter memuji kerja cepat yang dilakukan Anies Baswedan bersama Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, Baznas Bazis DKI Jakarta, beserta tokoh masyarakat.

"Yang sudah dilakukan Anies menunjukkan sikap seorang pemimpin yang perhatian, peduli kepada warganya. Anies tidak pernah mengumbar janji dan selalu melakukan dengan aksi," kata Jupiter.

Jupiter mengatakan, dengan kembali dibangunnya kawasan yang sempat terbakar itu sama halnya menghidupkan hajat orang banyak.

"Mereka yang tinggal di sana sebagian pedagang. Kerugian yang mereka rasakan saat terbakar waktu itu tidak sedikit," kata Jupiter.

Dengan dibangun kembali permukiman Pasar Gembrong, kata Jupiter, Anies telah membangkitkan semangat warga yang tinggal di sana dan dapat kembali berusaha.

"Anies adalah pemimpin yang pro kepada rakyat kecil. Beliau bekerja tidak membedakan siapapun. Ini patut dicontoh," demikian politikus Nasdem ini.

Diketahui, dua bulan pasca kebakaran yang melanda kawasan kampung eks Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Pemprov DKI Jakarta bersama Baznas Bazis DKI telah merampungkan konsep revitalisasi kawasan tersebut. 

Gubernur DKI Anies Baswedan memulai revitalisasi permukiman Pasar Gembrong RW 001 Cipinang Besar, Jakarta Timur setelah kawasan tersebut dilalap api pada April lalu.

“Proses pembangunan akan perlu waktu, bulan ini kita masuk pas tanggal 1 Juli, insya Allah ini bisa tuntas kalau tidak ada halangan bulan September semuanya sudah selesai,” kata Anies 

kepada wartawan di acara peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Gembrong, di Cipinang Besar, Jakarta Timur, Jumat (1/7).

Kampung Gembrong ini direncanakan dinamai Kampung Gembira Gembrong. Ada 136 unit yang nanti akan dibangun di atas lahan 1.200 m² yang menelan biaya Rp7,8 miliar.

Anggaran senilai Rp7,8 miliar merupakan hasil kolektif yang dikumpulkan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta. Salah satunya dari pengumpulan infak dan sadaqah saat salat Idulfitri di Jakarta International Stadium (JIS) awal Mei lalu.

Anies mengatakan pembangunan permukiman Kampung Gembira Gembrong akan berkonsep menghadap ke arah sungai.

"Dengan begitu nantinya kampung ini bisa menjadi salah satu contoh kampung yang dibangun baru, kalau di Inggris namanya water front, keliatan menghadap air, airnya air sungai," kata Anies.

Anies mengharapkan kolaborasi seluruh elemen masyarakat untuk ikut membantu mengawasi proses pembangunannya.

Sebelumnya, sebanyak 400 bangunan yang terdiri dari rumah dan kios ludes terbakar dalam musibah kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu malam (24/4). []