Anies Minta Kepsek Bikin Sekolah Menyenangkan

RMOL.Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, sekolah adalah ekosistem pendidikan. Tugas kepala sekolah membuat ekosistem pendidikan itu menjadi ekosistem yang subur untuk tumbuhnya bibit-bibit anak-anak Indonesia.


"Dan tidak pernah lagi menggunakan kata membentuk, tapi menumbuhkan. Jangan bentuk karakter anak-anak tapi tumbuhkan karakter anak-anak,” kata Anies saat memberi arahan kepada 721 kepala TPA, TK, SD, hingga SLB dan PKBM se-Jakarta di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (12/9).

Anies juga meminta kepada para kepala sekolah untuk menjadi pemimpin yang bukan sekadar pemegang otoritas.

"Pemimpin adalah orang yang diikuti kata-katanya, diikuti perbuatannya secara sukarela. Pemegang otoritas adalah orang yang diberikan hak oleh negara untuk mengambil keputusan. Ada banyak pemegang otoritas yang bukan pemimpin. Tapi ada banyak juga pemimpin yang bukan pemegang otoritas,” terang Anies.

Selain itu, Anies berpesan agar suasana sekolah lebih dibuat lebih menyenangkan. Tujuannya agar para siswa dan siswi dapat belajar lebih ceria dan meraih prestasi dengan mudah.

Ibu bapak harus membangun hubungan baik dengan orang tua dan dengan lingkungan sekitar. Sekolah tidak boleh tak tersambungkan dengan lingkungan sekitarnya. Sekolah harus tersambungkan dengan lingkungannya. Buat kegiatan-kegiatan yang menjadikan anak-anak kita bagian dari komunitas. Dan bawa orang tua ke sekolah, ajak orang tua berinteraksi, ajak orang tua melihat apa yang dikerjakan di sekolahnya,” pungkas Anies.(dod)