Diizinkan Kemendikbud, DKI Belum Putuskan Soal Pembukaan Sekolah

Ahmad Riza Patria/Ist
Ahmad Riza Patria/Ist

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengizinkan pemerintah daerah untuk membuka kembali kegiatan sekolah tatap muka mulai Januari 2021.


Terkait hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah melakukan kajian terkait pembukaan sekolah. 

"Tentu ada mekanismenya. Dinternal kami akan bahas dengan dinas terkait, dinas kesehatan, dinas pendidikan, dan lain-lain juga dengan para pakar, epidemiologi, dan sebagainya," ujar Ariza di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (20/11). 

Menurut Ariza, pembukaan sekolah di tengah masa pandemi yang belum mereda perlu dipertimbangkan secara matang dan tidak sembarangan. 

Hal itu lantaran banyak aspek yang perlu dipersiapkan. Diantaranya dari segi regulasi, sarana prasarana, kesiapan siswa dan persetujuan orang tua.

"Jadi belum bisa diputuskan siap atau tidak, ini kan virus corona bukan kayak kita bikin jalan, pak ini tinggal 10 persen lagi selesai, bisa dijalanin. Bisa jadi minggu depan tiba-tiba meningkat, minggu depan menurun," sambung mantan anggota DPR RI ini.

Ariza menambahkan bahwa keputusan akhir bergantung pada perkembangan kasus dan juga kurva sebab hingga hari ini angka kasus corona masih terjadi meskipun angka sembuh cenderung meningkat.[]