Jangan Cuma Jakarta, Polisi Juga Harus Periksa Kerumunan Di Daerah Lainnya

Tangkapan layar acara Maulid Nabi di Petamburan
Tangkapan layar acara Maulid Nabi di Petamburan

Polda Metro Jaya terus melakukan pemeriksaan terkait kerumunan massa yang terjadi di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab di Petamburan beberapa waktu lalu.


Setelah memanggil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Senin besok (23/11), giliran Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria yang akan dimintai klarifikasi. 

Menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli atau akrab disapa MTZ, pemanggilan sejumlah pejabat oleh Polda Metro Jaya terbilang wajar. 

"Mungkin Polda perlu penjelasan yang komprehensif sehingga semua pejabatnya dipanggil," ungkapnya saat berbincang dengan Kantor Berita RMOLJakarta, Minggu (22/11).

Kendati begitu, menurut anggota komisi B DPRD DKI ini, aparat kepolisian juga harus berlaku adil dengan turut melakukan pemeriksaan terhadap daerah lainnya yang sama-sama terjadi kerumunan. 

"Sebaiknya Polda daerah lain juga memberlakukan hal sama untuk peristiwa kerumuman di daerahnya masing-masing. Jangan cuma Polda DKI saja," tegas MTZ. 

Sebelumnya Walikota Jakarta Pusat, Kasatpol PP, Camat Tanah Abang, Kepala KUA Tanah Abang, Bhabinkamtibmas, Kadinkes DKI, Kadishub DKI, serta perangkat RT dan RW Petamburan juga telah diperiksa Polda Metro Jaya terkait acara di Petamburan. []