6 Ribu Lansia Ditargetkan Divaksinasi Di Apartemen Taman Rasuna

Vaksinasi lansia/Net
Vaksinasi lansia/Net

Puskesmas Setiabudi memproyeksikan 6 ribu warga yang berusia di atas 60 tahun atau lanjut usia (lansia) mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis.


Sebelum divaksinasi, mereka terlebih dahulu akan menjalani skrinning untuk mengidentifikasi skor kerapuhan. 

“Bagi yang lolos skor kerapuhan mereka berhak mendapatkan vaksin,” kata Kepala Puskesmas Setiabudi Gafar Hartatiyanto melalui keterangan tertulis, Senin (1/3).

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan hingga dua pekan mendatang selama hari kerja itu berlangsung di Lapangan Rumput sebelah Tower 6 Apartemen Taman Rasuna, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Gafar mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan kolaborasi

Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Puskesmas Kecamatan Setiabudi dengan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) Apartemen Taman Rasuna (P3SRS-ATR) untuk mendukung program pemerintah dalam menekan angka penularan dan penyebaran Covid-19.

Menurut Gafar, Apartemen Rasuna merupakan venue bukan Fasyankes yang sering bekerjasama dengan Puskesmas Setiabudi. 

Selain itu terpilihnya Apartemen Taman Rasuna juga merupakan kampanye untuk para lansia yang tinggal di bangunan susun agar ikut vaksinasi. 

“Apartemen Taman Rasuna merupakan venue bukan fasyankes yang memenuhi persyaratan untuk menjadi lokasi vaksinasi," kata Gafar.

Selain itu, Gafar juga mengimbau agar nantinya para lansia yang sudah divaksinasi agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3 M antara lain memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak agar terhindar dari paparan virus atau tidak menjadi carrier dari virus.

“Karena divaksin tidak berarti terbebas dari virus, melainkan hanya menurunkan resiko keterpararn serta resiko gejalanya saja,” kata Gafar.

Manager Apartemen Taman Rasuna Yunita Irma menambahkan, pihaknya telah menyiapkan segala kebutuhan untuk menjadi vanue vaksinasi khusus lansia. 

“Kami mendukung dan sudah menyiapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi vanue vaksinasi Covid- 19,” kata Yunita. []