69.754 Balita Terpapar Covid-19, Kebanyakan dari Klaster Keluarga

Ilustrasi pasien anak/Net
Ilustrasi pasien anak/Net

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terpapar Covid-19. Data menunjukkan bahwa jumlah anak hingga remaja yang positif terus membengkak.


Dokter Spesialis Anak di RS JIH Yogyakarta, Vicka Farah Diba mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 pada anak-anak saat ini terjadi karena beberapa faktor.

Namun, mayoritas dari anak-anak tersebut merupakan bagian dari klaster keluarga. 

Lantaran kasus infeksi pada anak-anak dan orang dewasa pada tingkat tinggi, Vicka mengatakan, belum diketahui sumber penyebaran infeksi.

"Beberapa laporan karena sebelumnya ada lebaran, mudik, ditambah ada varian baru, sehingga kasus dewasa meningkat, dan anak juga ikut naik," kata Vicka yang dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (23/6).

Ia juga mengimbau agar keluarga yang memiliki anak-anak untuk tidak keluar rumah dan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Satgas Penanganan Covid-19 per 21 Juni 2021 merinci, totalnya terdapat 2,9 persen atau 69.754 balita berusia 0-5 tahun yang telah terpapar virus corona di Indonesia. Sedangkan 9,6 persen atau 192.426 lainnya merupakan anak berusia 5-18 tahun.[]