9 Ruas Jalan Sempat Tergenang, Terbanyak di Jakarta Selatan

Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan terendam banjir pada Kamis sore (7/10)/Net
Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan terendam banjir pada Kamis sore (7/10)/Net

Sembilan ruas jalan di Jakarta tergenang banjir usai hujan lebat melanda wilayah Jabodetabek pada Kamis sore hingga malam (6/10).


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, mayoritas jalan yang tergenang banjir berada di wilayah Jakarta Selatan. 

Pertama, Jl. Jeruk Purut, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm. Kedua, Jl. Raya Tanjung Barat, Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm 

Ketiga, Jl. Pejaten Raya, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm. 

Keempat Jl. Komplek Polri, Kelurahan Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm. 

"Kelima Jl. Karang Tengah Raya, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan dengan ketinggian 30 cm," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Jumat (7/10). 

Berikutnya Jl. NIS, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan ketinggian 40 cm. Ketujuh Jl. Wijaya Timur Jaya, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan ketinggian 70 cm. 

Kedelapan Jl. Ciledug Raya No.Kavling 109, Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan ketinggian 50 cm, dan terakhir Jl. Jambore, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dengan ketinggian 20 cm. 

Untuk mengantisipasi banjir tersebut, BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah, dan mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.

"Nantinya bila ada genangan petugas akan melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat," demikian Isnawa. []