Ada Perbaikan Sistem Kemenkes, Positif Covid-19 DKI Cuma Bertambah 782 Kasus

Perkembangan kasus Covid-19 di Jakarta/Repro
Perkembangan kasus Covid-19 di Jakarta/Repro

Perkembangan kasus positif virus corona baru alias Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta masih terus bertambah pada Kamis (23/2).


Berdasarkan data dari corona.jakarta.go.id‬ jumlah kasus aktif di Jakarta turun sebanyak 1.075 kasus. Sehingga jumlah orang yang masih dirawat atau isolasi sampai hari ini sebanyak 12.065 orang.

Sedangkan, jumlah kasus konfirmasi pada hari ini bertambah 782 orang. Dengan demikian total kasus di Jakarta sampai hari ini sebanyak 331.876 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menjelaskan, angka tersebut belum semuanya lantaran terdapat perbaikan pada sistem Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

"Sebagian data positif hari ini tertunda akibat perbaikan koneksi penginputan sistem Kemenkes. Kemungkinan akan ada akumulasi data dari yang sebelumnya tidak bisa dilakukan penarikan melalui sistem," katanya.

Dari jumlah total kasus tersebut, sebanyak 314.563 orang dinyatakan telah sembuh atau naik 1.815 orang dengan tingkat kesembuhan 94,8 persen.

Selanjutnya sebanyak 5.248 orang meninggal dunia atau naik 42 orang dengan tingkat kematian 1,6 persen. Sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 2,7 persen.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 16,8 persen. Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 11,1 persen.

Jumlah tersebut masih di atas yang telah ditetapkan standar WHO yakni persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen.

Meski saat ini vaksin Covid-19 sudah tersedia, Pemprov DKI terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Yaitu dengan menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak antar orang minimal 1,5 - 2 meter. []