Ahmad Syaikhu Dicoret Dari Bursa Cawagub DKI

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mencoret nama Ahmad Syaikhu dari bursa Cawagub Jakarta.


Presiden PKS M Sohibul Iman mengatakan, alasan pencoretan karena saat ini Syaikhu sudah duduk menjadi Anggota DPR RI.

"Kalau dari internal PKS jelas, Pak Syaikhu. Dia udah dilantik di DPR, dia yang kita cabut," ujar Sohibul di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (6/1).

"Sisanya ada Pak Agung Yulianto kan. Ya nanti kita lihat apakah tetap Pak Agung atau kita ambil (calon) yang lain, yang jelas tetap ada kader PKS," sambungnya.

Proses pencalonan cawagub DKI sampai hari ini memang berlangsung alot. Sohibul menduga hak PKS mengajukan nama untuk menjadi cawagub telah dipolitisasi.

"Jadi nggak semudah kalimat ini hak PKS, hak PKS harus tetap diproses politik kan. Tapi mereka tidak, boleh jadi mereka juga tidak menginginkan kader PKS jadi wagub dan sebagainya, makanya proses politiknya alot," jelasnya.

Alasan lainnya mengapa PKS mencoret nama Syaikhu dari bursa pencalonan, karena menurut Sohibul, dua nama yang sebelumnya diajukan mendapat penolakan hingga prosesnya pun berjalan mandek.

"Jadi gini, karena kita melihat realitas politik, dengan dua calon yang diajukan ini tidak bergerak, ada keengganan. Maka PKS membaca realitas ini. PKS akan mencoba, mencabut satu calon. Jadi satu dari PKS yang satu dari tempat lain," pungkasnya.