Amankan May Day Fiesta Polisi dan TNI Dilarang Bawa Senpi

Massa demonstrasi dari Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia mengular hingga ke Jembatan Penyeberangan Orang di dekat Gedung DPR RI, Jakarta/RMOL
Massa demonstrasi dari Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia mengular hingga ke Jembatan Penyeberangan Orang di dekat Gedung DPR RI, Jakarta/RMOL

Anggota TNI dan Polri tidak diizinkan membawa senjata api (senpi) saat pengamanan aksi demo buruh atau May day Fiesta 2022 di depan gedung DPR-MPR dan Gelora Bung Karno pada Sabtu (14/5). 


"Sekali lagi tidak ada pasukan yang menggunakan senjata api. Saya minta rekan-rekan dari Polisi Militer maupun Provos Polri silahkan melakukan pengecekan," kata Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto kepada wartawan. 

Sebaliknya, Setyo mengimbau agar pengamanan aksi demo agar dilakukan secara humanis. 

Seperti diketahui, sebanyak 5.260 personel gabungan dikerahkan saat aksi May Day Fiesta yang diselenggarakan di sekitar kawasan Senayan pada Sabtu besok (14/5). 

"Kemudian untuk kegiatan pengamanan sendiri dari Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan 5.260 personel pengamanan termasuk juga ada bantuan dari instansi terkait termasuk dari TNI juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (13/5).  

Meski sudah menyiapkan ribuan personel, Zulpan juga memastikan kawasan Gelora Bung Karno pada Sabtu besok hanya diperuntukkan untuk para buruh.  

Seperti diketahui, peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2022 kemarin, akan diperingati pada 14 Mei 2022 mendatang oleh Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia.  

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, peringatan May Day tahun ini akan diselenggarakan dua acara besar yakni demonstrasi di gedung DPR RI kemudian dilanjutkan acara di Istora Senayan Jakarta.  

“Kegiatan pertama dilakukan pada jam 10.00 sampai dengan 12.00 WIB berupa aksi unjuk rasa yang melibatkan ratusan ribu massa buruh di DPR RI,” kata Said Iqbal dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (6/5).  

“Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan kedua pada jam 13.00 sampai dengan 17.30 WIB berupa perayaan May Day Fiesta yang melibatkan 50 ribu buruh di Istora Senayan,” lanjutnya. []