Angka Covid-19 Terus Melandai, Balitbang Golkar: Bukti Tepatnya Kebijakan Pemerintah

Ketua Balitbang Partai Golkar Jerry Sambuaga/Ist
Ketua Balitbang Partai Golkar Jerry Sambuaga/Ist

Penurunan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat pasien yang dirawat semakin berkurang dan keterisian tempat tidur di Rumah Sakit (Bed Occupancy Ratio/BOR) pun semakin turun.


Ketua Balitbang Partai Golkar Jerry Sambuaga mengatakan, terus menurunnya kasus Covid-19 menjadivbukti tepatnya kebijakan pemerintah dalam mitigasi. 

Menurut Jerry, meskipun selama ini banyak opini berkembang yang mengatakan penanganan Covid-19 di Indonesia tidak tepat, namun bukti statistik menunjukkan yang sebaliknya. 

"Kebijakan-kebijakan pemerintah sangat tepat dalam penanganan Covid-. Terbukti hanya dalam waktu yang relatif singkat hasilnya sangat baik," kata Jerry dalam keterangannya, Senin (13/9).

Jerry mengatakan, keberhasilan pemerintah menurunkan angka Covid-19 bahkan membuat takjub negara lain. Salah satunya disampaikan politikus dan anggota Dewan Malaysia.

Politikus negeri tetangga itu menilai Indonesia cukup berhasil menyeimbangkan antara mitigasi kesehatan dan ekonomi Covid-19. 

Selain penurunan penderita baru, Indonesia juga mencatat pemulihan ekonomi yang cukup baik. 

Pertumbuhan ekonomi kuartal dua 2021 tercatat berada di angka 7,07 persen. Kondisi ini diprediksi akan terus berlanjut di kuartal-kuartal selanjutnya. 

Jerry berpandangan, kunci penanganan Covid-19 ada di penerapan keputusan yang tepat. 

Jerry melihat keputusan untuk tidak sepenuhnya melakukan lockdown total membuat masyarakat mempunyai kesadaran terhadap pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam beraktivitas. 

"Kebijakan PPKM kami pandang punya daya peringatan (alert power) terhadap masyarakat mengenai adanya pandemi," kata Jerry.

Karena itu Balitbang Golkar mendukung pemberlakuan PPKM selama Covid-19 belum bisa diatasi sepenuhnya.

Selain itu, anak buah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto ini juga memuji gencarnya vaksinasi yang dilakukan pemerintah.

Indonesia saat ini menempati urutan ke-6 negara dengan vaksinasi tercepat di seluruh dunia. 

Kecepatan laju vaksinasi ini membuat negara lain kagum. Salah satunya datang dari Italia yang tidak menyangka Indonesia bisa mencapai prestasi itu meskipun bukan negara penghasil vaksin. 

Jerry berpendapat bahwa capaian Indonesia tidak lepas dari arahan Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan dengan baik oleh dua menko yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Pak Airlangga dan Pak Luhut berasal dari Partai Golkar. Ini menunjukkan kekhasan Golkar dalam berkarya dengan tepat untuk negeri," demikian Jerry. []