Anies Bangun Kembali Gapura Chinatown yang Sempat Dihancurkan Jepang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan gapura Chinatown/Ist
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan gapura Chinatown/Ist

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown Jakarta di kawasan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (30/6).


Mulanya, bangunan gapura di kawasan ini ada sejak abad ke-18. Lalu, pada masa kependudukan Jepang, gapura yang asli dihancurkan.

Akhirnya setelah diinisiasi pada tahun 2018, gapura tersebut kembali berdiri kokoh dan kini menjadi ikon baru di Jakarta.

"Semoga ini juga menjadi penanda bahwa Kota ini penuh dengan sejarah, serta kesetaraan akan hadir untuk semuanya," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga memuji konsep rancangan Gapura Chinatown Jakarta ini karena dinilai unik dari Gapura Chinatown yang ada di belahan dunia manapun. 

Bangunan ini bertekstur dari unsur batu (berwarna abu-abu), coklat genteng, serta unsur warna hijau perpaduan budaya Betawi, dengan tulisan berwarna coklat kayu. 

"Semoga melalui pembangunan ini, tidak hanya akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk semakin menarik wisatawan, tetapi juga sebagai pengingat dalam merawat nilai-nilai tradisi yang telah diwariskan kepada kita," tandasnya.[]