Anies Ingin Lahir Atlet Basket Nasional Lewat Piala Gubernur Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Ist

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membuka Liga Basket Piala Gubernur 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DKI Jakarta, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Setiabudi, Jakarta Selatan  Kamis (31/3).


Anies mengatakan, ajang ini bisa menjadi momentum dalam mempersiapkan diri Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023. Apalagi Jakarta, sebagai salah satu venue dari event internasional tersebut, juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi episentrum olahraga basket di tingkat nasional maupun internasional.

"Kita harus mempersiapkan diri bahwa di Jakarta ini harus mampu menjadi episentrum basket di tingkat internasional. Dengan adanya liga ini, maka diharapkan akan membangun iklim di masyarakat terkait animo dan keberlangsungan basket di Jakarta," kata Anies. 

Anies berharap, lewat kegiatan ini, dapat menumbuhkembangkan potensi bibit muda pemain basket, kemudian nantinya apabila mereka telah menjadi profesional, maka mereka dapat menjadi tuan rumah di dalam negeri dan menjadi tamu yang mempesona di panggung internasional.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada para pengelola klub (basket) di Jakarta. Terima kasih sudah membantu dan dan membina anak-anak kita, untuk tumbuh potensinya. Mereka bisa mengisi waktunya dan aktivitas yang sangat bermanfaat ini," kata Anies.

"Terima kasih kepada Perbasi, KONI, dan semua pihak yang terlibat. Karena ini dikerjakan dalam waktu relatif singkat, persyaratannya relatif cepat, dan bisa berjalan dengan baik. Saya sampaikan juga apresiasi kepada Bank DKI yang sudah ikut mensponsori kegiatan ini," lanjutnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Achmad Firdaus menjelaskan, kejuaraan Liga Basket Piala Gubernur Tahun 2022 dilaksanakan hingga 26 Juni 2022 bertempat di tiga gelanggang, yaitu GOR Soemantri Brojonegoro (Opening dan Closing), Gelanggang Remaja Jakarta Selatan, dan Gelanggang Remaja Jakarta Utara untuk babak penyisihan.

"Pertandingan akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu dengan catatan pada bulan Ramadan dilaksanakan pada malam hari, mulai pukul 19.00 sampai selesai," pungkas Achmad Firdaus.[]