Anies Kutip Ayat dengan Lancar, Netizen: Senangnya Punya Presiden Bacaannya Fasih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Repro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Repro

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara rutin selalu memberikan ucapan selamat kepada masyarakat setiap kali memasuki atau merayakan hari-hari besar baik nasional maupun keagamaan. 


Hal itu pula yang dilakukannya saat memasuki bulan suci Ramadan 1442 H. Melalui video berdurasi 6:43 menit, Anies memberikan ucapan selamat menjalankan ibadah bulan Ramadan kepada umat Islam di Jakarta. 

Selain mengucapkan syukur atas nikmat kesempatan bertemu bulan Ramadan, Anies juga mengajak masyarakat untuk mengingat kembali pesan dan inti dari perintah puasa Ramadan itu sendiri. 

Eks Mendikbud itu lantas mengutip Quran Surat Al-Baqarah ayat 183, yang isinya masyhur tentang perintah dan tujuan dari ibadah puasa.

"Ini sebuah kesempatan untuk mencapai derajat muttaqin (orang-orang yang bertakwa)," ujar Anies usai mengutip ayat tersebut dalam video yang diunggahnya kemarin, Senin (12/4) itu.

Meski sekilas dan hanya satu ayat, Anies tampak fasih membacakannya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fasih diartikan dengan lancar, dan baik pelafalannya. 

Rupanya, bacaan Anies itu tak luput dari sorotan netizen. Mereka merasa bangga memiliki pemimpin, dalam hal ini Gubernur, yang bisa melafalkan ayat Al-Quran dalam bahasa Arab dengan baik. 

Seperti pemilik akun Instagram @yova_yerisya ini. Ia merasa takjub dengan bacaan Al-Quran Anies meski sekilas. Bagi dia, akan sangat menyenangkan jika memiliki pemimpin yang bisa membaca Al-Quran dengan baik. 

"Masyaallah, senangnya kalau punya presiden sesama muslim taat, bacaannya fasih pakai banget," tulisnya. 

Netizen di jejaring Facebook, pemilik akun Muhammad Alfino Nazril juga melontarkan komentar senada. Menurutnya, bacaan ayat pendek Anies cukup menyejukkan. 

"Masyaallah, fasih bacaan ayat singkatnya Pak, sejuk dengarnya. Selamat menunaikan ibadah puasa, marhaban ya Ramadan," tulisnya. 

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Anies itu sudah mendapat 480 komentar dan 22.673 suka dari netizen Instagram, serta 300 komentar dan 13 ribu suka dari netizen di Facebook.

Diketahui dalam video itu, selain memberikan ucapan selamat kepada umat Islam di Jakarta, Anies juga mengingatkan pentingnya tetap disiplin protokol kesehatan selama bulan Ramadan. 

Anies menyebutkan, upaya yang dilakukan dalam mengatasi pandemi Covid-19 sudah mulai menunjukkan hasil. Hal itu tampak dari penurunan kasus aktif, dan juga jumlah kasus aktif yang stabil di angka 6ribu sampai 7ribu. []