Anies Minta Daerah Tetangga Tindak Tegas Perusahaan yang Cemarkan Lingkungan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/lst
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/lst

Mengatasi persoalan polusi udara tidak bisa diselesaikan sendirian. Sebab diperlukan kerjasama lintas daerah serta keterlibatan masyarakat.


Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, 

emisi udara tidak memiliki wilayah administrasi. Polusi bisa disebabkan karena aktivitas di dalam kota, tapi juga bisa karena adanya pergerakan dari berbagai wilayah.

Untuk itu Anies mengajak daerah penyangga Jakarta juga memiliki ketegasan yang sama dalam menindak perusahaan-perusahaan yang terbukti melakukan pencemaran.

"Saya berharap ketegasan semua pihak yang memiliki kewenangan terkait dengan pemantauan polusi dan emisi," tegas Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (22/6).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melanjutkan, Pemprov DKI Jakarta ketika mengetahui ada perusahaan yang terbukti melakukan perusakan lingkungan segera diberi langkah tegas sesuai ketentuan.

"Kalau tidak dilakukan perbaikan maka kegiatan atau operasinya kami cabut izinnya," terang Anies.

Eks Rektor Universitas Paramadina itu berharap semua instasi yang memantau sumber-sumber yang memiliki efek kualitas udara, jangan segan bertindak tegas.

"Kami berusaha menjalankan yang menjadi tanggungjawab kami, dan kami berharap semua melakukan yang sama termasuk sumber dari pembangkit energi," pungkasnya.[]