Anies Pimpin Upacara HUT Jakarta ke-495 di Monas

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi inspektur upacara HUT kota Jakarta ke-495/RMOLJakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi inspektur upacara HUT kota Jakarta ke-495/RMOLJakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara HUT Kota Jakarta ke-495 yang digelar di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Rabu (22/6).


Dalam amanatnya, Anies mengatakan kota Jakarta terus melakukan perubahan. Pembangunan di Ibukota tidak hanya menyasar perkotaan namun juga Kepulauan Seribu.

Hal ini terjadi berkat kolaborasi yang dilakukan dari semua pihak mulai dari unsur pemerintahan, swasta hingga keterlibatan masyarakat.

"Usia Jakarta yang hampir 500 ini, usia yang bukan hanya ditengok ke belakang tapi gunakan kesempatan itu untuk melihat ke depan," kata Anies seperti dikutip redaksi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap Jakarta bisa menjadi kota rujukan. Tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia.

Eks Rektor Universitas Paramadina itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras dalam membangun Kota Jakarta.

"Semoga kemajuan selalu terjadi di Jakarta," demikian Anies Baswedan.

Mulai tahun ini, seluruh rangkaian kegiatan HUT Kota Jakarta akan menggunakan jenama (branding) “Jakarta Hajatan”, kemudian diikuti dengan usia kota Jakarta. 

Kata hajatan memiliki makna selebrasi yang dekat dengan nuansa kehidupan masyarakat Indonesia seperti resepsi atau selamatan atas sebuah pencapaian. Sehingga diharapkan perayaan ini dekat dan dapat dirasakan oleh siapa saja.

Sedangkan tema yang diusung pada tahun ini adalah “Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi” sebagai pesan optimisme sekaligus bukti nyata atas berbagai upaya yang telah, sedang dan akan terus dilakukan di Kota Jakarta.

Untuk diketahui, upacara ini turut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, jajaran Walikota dan Bupati, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta DPRD DKI Jakarta.

Upacara juga dihadiri 1.000 peserta yang terdiri dari Abang None, Pasukan Hijau, Pasukan Biru, PPSU, Dinas Gulkarmat, BPBD, Satpol PP, Dishub, perwakilan Kepolisian Republik Indonesia, perwakilan TNI, siswa-siswi berprestasi, tenaga kesehatan dan para pemenang Jakarta Hajatan. []