Anies Siap Bantu Kepolisian Amankan Pelantikan

RMOLJakartaPelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih hanya tinggal menghitung hari. Untuk itu Pemprov DKI Jakarta turut mempersiapkan diri menyambut acara tersebut.


"Alhamdulillah persiapan dari sisi kami di Pemprov DKI Jakarta sudah berjalan sejak bulan lalu," ujar Anies di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (17/10).

Anies menjelaskan, Pemprov DKI sudah melakukan rapat-rapat koordinasi terkait kemungkinan pengalihan rute dan juga persiapan keamanan.

"Kita mendukung persiapan keamanan yang dikerjakan oleh TNI dan Polri. Kemudian semua fasilitas-fasilitas yang terkait dengan kegiatan pelantikan maupun acara pasca pelantikan itu kita bantu siapkan," terang Anies.

Terkait kemungkinan adanya potensi aksi unjuk rasa yang dilakukan elemen mahasiswa di seputaran DPR dan Istana Merdeka, Anies menyatakan siap membantu aparat Kepolisian.

"Jadi begini, dalam setiap kegiatan-kegiatan seperti itu, kami fungsinya adalah membantu pihak kepolisian. Jadi apa yang dibutuhkan pihak kepolisian, biasa mereka kirim surat, mereka selalu minta," papar Anies.

Bantuan yang dimaksud misalnya kebutuhan mobil toilet umum, tambahan petugas Satpol PP, tambahan petugas Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

"Itu semua berdasarkan permintaan dari Kepolisian. Karena kalau sudah keamanan, tanggung jawabnya ada di pihak Kepolisian," pungkasnya.