Anies: Warga Jakarta Butuh Air Bersih, Bukan Air Beralkohol

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkomitmen akan mennjual saham di perusahaan bir, PT Delta Djakarta Tbk. Menurutnya, warga ibukota  lebih membutuhkan air bersih, ketimbang air beralkohol.


"Saya rasa warga Jakarta lebih butuh air bersih, bukan air beralkohol. Itu kebutuhan Jakarta hari ini," kata Anies di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/3).

Sebelumnya, Anies Baswedan akan melaporkan Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi kepada rakyat Jakarta. Alasannya, sebagai wakil rakyat, Ketua DPRD tidak bersedia menjual saham PT Delta Djakarta. Padahal justru rakyat yang meminta pemerintah menjual saham perusahaan bir itu.  

"Kami laporkan kepada rakyat Jakarta, bahwa wakil-wakil Anda ingin tetap memiliki saham bir. Biar nanti warganya juga yang ikut menyampaikan aspirasi," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (5/3). "Dewan Anda ingin punya saham bir terus, ingin punya untung dari uang bir." 

Menurut Anies, rakyat memiliki hak untuk menyampaikan aspirasinya terhadap penjualan saham PT Delta. Jika rakyat merasa setuju dengan keputusan DPRD, Anies akan menurutinya.  

Diketahui, Prasetio Edi Marsudi menyatakan tetap menolak rencana Anies melepas saham di PT Delta Djakarta. Menurut dia, perusahaan bir itu tidak merugikan Pemprov DKI Jakarta dan justru memberikan dividen bagi keuangan daerah.

"Salahnya Delta tuh apa sih? Saya tetap berprinsip, enggak ada yang merugikan untuk pemerintah daerah, apalagi yang dikatakan setahun dapat Rp 50 miliar," ujar Prasetio.

Prasetio meminta Pemprov DKI memikirkan ulang rencana penjualan saham itu. Ia juga siap berdiskusi dengan Pemprov DKI untuk mengetahui alasan penjualan itu.(dod/han)