Anjuran Gubernur Anies untuk Pelaksanaan Salat Idul Fitri

Gubernur Anies dalam acara santunan yatim piatu Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Jakarta Utara/Ist
Gubernur Anies dalam acara santunan yatim piatu Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Jakarta Utara/Ist

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menganjurkan umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri atau Id di tempat terbuka atau lapangan.


Menurut Anies, salat Id di lapangan dapat mencegah kemungkinan tertular Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Dalam suasana pandemi ini, saya menganjurkan salat Id di lapangan," kata Anies dalam acara santunan yatim piatu Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Jakarta Utara, Jalan Menteng Terusan Kelurahan Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Selasa (4/5).

Selain itu, Anies juga meminta masyarakat untuk tetap mengenakan masker dan menjaga jarak antar jemaah.

"Kita harus berikhtiar. Usahakan tidak terjadi pelepasan masker dan tetap menjaga jarak," jelasnya.

Selepas salat Id, lanjut Anies, masyarakat juga disarankannya untuk melakukan silaturahmi secara virtual menggunakan media digital video conference atau media lain yang sudah banyak digunakan.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menyinggung soal budaya berbelanja menjelang Lebaran. Masyarakat, kata dia, hendaknya memilih pasar yang sepi dan tidak padat pengunjung. 

Hal itu belajar dari kerumunan di Pasar Tanah Abang yang menyita perhatian beberapa waktu lalu. Saat itu, pasar grosir terbesar tersebut dipadati pengunjung sehingga tidak bisa menjaga jarak satu dengan lainnya.

"Saya menganjurkan berbelanja melihat kondisinya. Kalau penuh pengunjungnya cari tempat lain. Bila perlu atur jamnya, datang saat sepi pengunjung," tutupnya. []