Anugerah Perbankan Indonesia 2015, Jadi Motivasi Dunia Perbankan Tingkatkan Kualitas

RMOL. Ajang bergengsi dunia perbankan nasional yakni Anugerah Perbankan Indonesia (APBI) kembali digelar yang keempat kalinya  di Balai Kartini Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Kamis (5/11).


Acara yang dibuat sebagai Apresiasi Kinerja Perbankan atas prestasi di tahun 2014 bertujuan memberikan penghargaan kepada pertumbuhan kinerja perusahaan (delta growth) yang dicapai ditahun 2014, penghargaan atas kontribusi yang signifikan bagi pengembangan perekonomian Indonesia dan meningkatkan prestasi dan peran pentingnya dalam pembangunan perekonomian nasional.

Deputi Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara mengatakan, dirinya menyambut baik atas penyelenggaraan acara ini. Menurutnya, kedepan melalui kegiatan ini dunia perbankan akan semakin termotivasi untuk meningkatkan kualitas usahanya.

"Saya menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, kedepan dunia perbankan nasional kita bisa saling berlomba untuk lebih baik lagi," kata Mirza dalam sambutanya.

Dikatakan Mirza, saat ini pertumbuhan ekonomi indonesia mencapai angka  4,73, angka tersebut ada kenaikan sedikit dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Menurutnya, kondisi pertumbuhaan ekonomi saat ini memang berbeda ditahun 2013 kebawah yang bisa mencapai angka 6 persen, pasalnya pengaruh ekonomi global sangat berpengaruh.

"Kuartal ini pertumbuhan ekonomi kita mencapai 4,73 persen, ada kenaikan sedikit dibanding kuartal sebelumnya. Selain itu, kondisi pertumbuhan ekonomi kita saat ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," jelas Mirza dalam paparanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri, Marsudi W.K, mengatakan ada sejumlah aspek penting yang mendapat perhatian khusus untuk segera diperbaiki kedepan oleh Perbankan Nasional antara lain, kinerja keuangan dan efesiensi, resiko likuditas dan kredit perbankan, Human Capital, Akutansi dan Praktek kecurangan dan serta sistem dan teknologi informasi.

"Ada 10 aspek yang kita nilai untuk menentukan bank terbaik tingkat Nasional," kata Marsudi. [prs]