Atapnya Bisa Buka Tutup, Stadion JIS Dapat Digunakan Dalam Beragam Kondisi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau langsung pengerjaan atap Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (16/6)/Ist
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau langsung pengerjaan atap Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (16/6)/Ist

Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, digadang-gadang akan menjadi stadion baru kebanggaan warga ibu kota.


Stadion berkapasitas 82.000 penonton ini akan dilengkapi atap yang bisa dibuka tutup atau retractable roof sehingga bisa dipergunakan dalam kondisi cuaca apapun.

"Jadi ini sebuah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, di mana ada stadion dengan atap tertutup yang bisa dibuka tutup," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau langsung pengerjaan atap Stadion JIS, Rabu (16/6).

Adapun rangka yang digunakan memiliki panjang 270 meter dengan berat 3.900 ton yang pengerjaannya diangkat secara bersamaan.

"3.900 ton itu kira-kira sama dengan mengangkat 2.430 mobil Kijang Innova. Bayangkan ada 2.430 mobil Innova diangkat bersama-sama ketinggian 70 m," sambungnya.

Perlu diketahui, proses pemasangan rangka atap Stadion JIS disertai penyelesaian akhirnya ditargetkan rampung pada 5 Juli 2021.

Kemudian pada Desember 2021 akan dijadwalkan pertandingan pertama di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung.[]