Bang Japar Gelar Kejuaraan Tinju Amatir Di Kota Tua, Hadiahnya Jutaan 

Ketua Umum ormas Bang Japar yang juga Anggota DPD DKI Jakarta Fahira Idris,  Dewan Penasehat ormas Bang Japar sekaligus penanggung jawab kegiatan Aldwin Rahadian dan Ketua Umum Pertina DKI Jakarta Hengky Silatang saat menggelar jumpa pers/Ist
Ketua Umum ormas Bang Japar yang juga Anggota DPD DKI Jakarta Fahira Idris,  Dewan Penasehat ormas Bang Japar sekaligus penanggung jawab kegiatan Aldwin Rahadian dan Ketua Umum Pertina DKI Jakarta Hengky Silatang saat menggelar jumpa pers/Ist

Kawasan Kota Tua akan diramaikan Kejuaraan Tinju Amatir Piala Bang Japar yang diselenggarakan ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) dan Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) DKI Jakarta pada Minggu (25/9).


Kejuaraan Tinju Amatir Piala Bang Japar yang rencananya dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu bertujuan untuk mendukung pengembangan sport tourism, mempromosikan Kota Tua sebagai heritage tourism, menyalurkan minat generasi muda dan upaya penanggulangan masalah tawuran.

Ketua Umum ormas Bang Japar yang juga Anggota DPD DKI Jakarta Fahira Idris mengatakan, kejuaraan tinju amatir ini digelar untuk mencari bibit-bibit baru atlet tinju terutama di Jakarta. Nantinya bibit-bibit baru ini akan dibina di berbagai sasana tinju yang ada di Jakarta. 

Fahira berharap dari kejuaraan ini lahir atlet-atlet tinju berprestasi yang bisa mengharumkan nama Jakarta dan Indonesia di berbagai ajang dan kompetisi olahraga mulai dari PON, Sea Games, Asian Games dan Olimpiade.

“Kita kemas kejuaraan tinju amatir ini semenarik mungkin dalam konsep sport tourism. Itulah kenapa kita gelar di kawasan wisata Kota Tua untuk menarik minat warga Jakarta," kata Fahira melalui siaran persnya, Jumat (23/9).

Dewan Penasehat ormas Bang Japar sekaligus penanggung jawab kegiatan Aldwin Rahadian menambahkan, dalam kejuarsan tinju amatir ini, Pertina DKI Jakarta akan mempersiapkan petinju-petinju terbaiknya untuk berlaga agar menjadi yang terbaik. 

Salah satu target jangka pendek dari kejuaraan ini adalah para atlet tinju ini nantinya bisa berlaga di ajang PON XXI 2025 di Aceh-Sumatera Utara.

“Salah satu strategi melahirkan atlet tinju berprestasi adalah memperbanyak kejuaraan atau kompetisi," kata Aldwin.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pertina DKI Jakarta Hengky Silatang menyatakan, salah satu tekad yang ingin diwujudkannya adalah membawa DKI Jakarta menjadi barometer tinju Indonesia. 

“Kejuaraan ini sudah menjadi agenda resmi Pengprov Pertina DKI dalam upaya meningkatkan kualitas prestasi tinju bukan hanya di DKI juga secara nasional," kata Hengky yang merupakan juara nasional era 1988-an ini.

Kejuaraan Tinju Amatir Piala Bang Japar ini terbagi dalam lima kategori yaitu: kategori mini junior usia 10-12 tahun 3 ronde (1 ronde x 1 menit);  kategori pra junior 13 -14 tahun (1,5 menit x 3 ronde); kategori junior 15 - 16 tahun 2 menit x 3 ronde); kategori youth 17 -19 tahun (3 menit x 3 ronde); dan kategori elite 19 - 40 tahun (3 menit x 3 ronde). 

Selain itu, kejuaraan ini juga menggunakan peraturan International Boxing Association (IBA) dan memakai sistem komputerisasi.

Nantinya, empat Piala Bang Japar akan diberikan kepada petinju terbaik, petinju harapan, petinju favorit, dan petinju terbaik member dari anggota Bang Japar. 

Panitia juga  menyediakan uang pembinaan masing-masing Rp 3.000.000 untuk petinju terbaik, Rp 2.500.000 untuk petinju harapan, Rp 2.500.000 untuk petinju favorit, dan Rp 3.000.000 untuk petinju terbaik versi member anggota Bang Japar. []