Bareng Kemendikbudristek, Pemprov DKI Komitmen Lestarikan Pemajuan Kebudayaan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono/Ist
Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono/Ist

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek RI, Suharti dan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Hilmar Farid, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/11).


Pertemuan itu membahas upaya peningkatan sinergitas antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kemendikbudristek RI dalam pemajuan kebudayaan, baik di Jakarta maupun Indonesia.

"Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan bidang kebudayaan telah menyusun serta melaksanakan kebijakan dan strategi dalam rangka pemajuan kebudayaan," kata Heru seperti dikutip redaksi.

Pemajuan kebudayaan tentunya menjadi salah satu modal utama dalam pembangunan nasional, termasuk pembangunan kota Jakarta. 

Pemajuan kebudayaan yang dimaksud dalam undang-undang bertujuan meningkatkan ketahanan budaya dan kontribusi budaya di tengah peradaban dunia. 

Proses pemajuan kebudayaan dilakukan melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan.

"Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan untuk terus tumbuh di tengah interaksi belantara budaya-budaya dunia menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia, termasuk masyarakat Jakarta," tandas Pj Gubernur.

Nantinya pembinaan dan pelatihan seni budaya pada tingkat Kelurahan maupun Kecamatan akan dilakukan dengan memanfaatkan ruang publik yang tersedia seperti taman, Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA), hutan kota, gelanggang remaja, gelanggang olahraga, dan fasilitas umum lainnya. []