Belasan Sastrawan ASEAN dan Jepang Selami Budaya Betawi Punye Gaye

RMOL.Sejak kemarin Jumat (29/4), 10 sastrawan dari perwakilan negara ASEAN dan dua sastrawan Jepang tinggal di tengah-tengah anggota masyarakat Kampung Muara, Tanjung Barat, Jakarta Selatan.


Kelompok sastrawan yang tergabung dalam ASEAN Japan Residency sengaja mengunjungi Kampung Muara dalam rangka mengikuti program Muara Jakarta.

Tak sekadar berwisata, mereka hadir untuk membagi ilmu, inspirasi tentang sastra, seni dan budaya dengan budaya lokal Betawi. Mereka pun terpukau bahwa Betawi bukan sekadar Jakarta, tapi luas.

Wakil Walikota Jakarta Selatan Irmansyah mengatakan, berintegrasinya sastrawan dengan anggota masyarkat sekitarnya, bisa menjadi agenda untuk mengenalkan budaya Betawi ke ajang internasional yang kelak akan menarik wisatawan.

“Saya berharap warga  Kampung Muara dapat menyambut sastrawan-sastrawan ini dengan baik. Warga dapat menunjukkan sikap ramah dan saling membantu sebagai wujud budaya orang timur,” kata Irmansyah, Sabtu (30/4).

Irmansyah juga mengingatkan warga agar mempromosikan Betawi kepada sastrawan ini. “Betawi punye gaye. Jadi Betawi tak sekadar Jakarta,” katanya. [dam/xta]