Besok, Adhyaksa Dault Daftar Calon Perseorangan Pilgub DKI

RMOL. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Adhyaksa Dault menyatakan siap maju menjadi calon gubernur (cagub) DKI dengan menempuh jalur independen atau perseorangan.


Saat ini, relawannya yang tergabung dalam Relawan Anak Muda Adhyaksa (RAMAH) sedang menghitung perolehan Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI sebagai syarat dukungan jalur perseorangan.

"Saya tidak pernah mendaftarkan ke partai. Prinsip saya, kekuasaan itu bukan dicari, bukan diminta. Tetapi dikasih amanah. Menurut saya, kalau ada partai yang meminta iya. Tetapi kalau mendaftar ke partai tidak. Hari ini, kami lagi rekap terakhir KTP dukungan," kata Adhyaksa, Sabtu (6/8).

Ketika ditanya berapa jumlah KTP yang berhasil dikumpulkan, Adhyaksa enggan memberitahukan jumlah pastinya. Namun yang pasti, jumlah sudah melebihi batas maksimal persyaratan KTP dukungan yang ditetapkan KPU DKI yakni sebanyak 523.123 KTP.

Relawannya sedang menghitung untuk memastikan tidak ada KTP yang ganda dan fiktif. Ditargetkan, penghitungan KTP akan selesai sore hari ini. Bila jumlah memenuhi syarat dukungan jalur perseorangan maka ia akan menyerahkan KTP dukungan itu besok, Minggu (7/8) ke KPU DKI.

"Teman-teman relawan lagi rekap. Kalau memenuhi syarat, kita daftar besok. Tapi kalau tidak memenuhi syarat kita tidak daftar," ujar Adhyaksa.

Langkah itu diambilnya, karena ia tidak mau merasa malu ditolak KPU DKI karena jumlah KTP ternyata tidak memenuhi syarat.

"Saya tidak mau ditolak. Masa kita datang, tiba-tba ditolak, saya nggak enak, saya nggak mau. Makanya kita minimalnya berapa sudah fix betul, baru kita serahkan. Makanya ini sedang dihtiung oleh adek-adek relawan ini. Kalau kita kan orang yang nggak punya uang," tutur Adhyaksa.

Adhyaksa mengungkapkan KTP yang didapatnya berasal dari internal kalangannya saja. Waktu pengumpulan juga singkat, hanya sekitar tiga hingga empat bulan saja. [prs]