Bisa Bangkitkan Ekonomi dan Pariwisata, IKM DKI Dukung Hajatan Formula E

Ketua DPW Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) DKI Jakarta Irwandi/Ist
Ketua DPW Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) DKI Jakarta Irwandi/Ist

Ketua DPW Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) DKI Jakarta Irwandi membela Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Banyak orang yang menyebut bahwa ajang balapan mobil listrik internasional Formula E, yang akan digelar di Jakarta pada 4 Juni 2022 sarat unsur politis.

 Irwandi menekankan bahwa penyelengggaraan Formula E semata-mata untuk membangkitkan ekonomi dan pariwisata Indonesia, khususnya Jakarta, yang dua tahun terpuruk gara-gara dihantam pandemi Covid-19.

"Formula E dapat menciptakan dampak ekonomi, finansial, dan reputasi bagi Indonesia," kata Irwandi dalam keterangannya, Jumat (27/5).

Tengok saja kabar terkini yang diberikan PT Jakpro selaku promotor lokal, tiket Formula E Jakarta laris manis terjual, dimana pembelinya kebanyakan WNA.

Artinya, menurut Irwandi, animo fans balap Indonesia akan Formula E bisa dibilang cukup tinggi. Sementara bagi orang awam tidak sedikit juga yang masih penasaran apa sih Formula E.

Dengan demikian, Irwandi meyakini Formula E akan menguntungkan bagi perekonomian Indonesia. Formula E akan memperkenalkan Indonesia dan juga produk-produk Indonesia kepada pasar internasional.

"Event Formula E akan mendatangkan banyak pengunjung atau wisatawan mancanegara, yang kemudian akan menggerakkan perekonomian Jakarta dan bahkan nasional," kata Irwandi.

Untuk tahun ini, Jakarta akan bergabung dengan 9 kota besar lainnya di dunia seperti London dan New York sebagai tuan rumah balapan Formula E.

Karena itulah Irwandi menyesalkan masih adanya suara-suara sumbang terkait Formula E dan keberhasilan Anies merealisasikannya di Jakarta.

Irwandi meminta mereka melihat Singapura yang sudah pernah menggelar ajang balap mobil Formula 1.

Menurut Irwandi, balap mobil di Singapura berhasil mendongkrak sektor ekonomi dan pariwisata. Hal ini bisa terpantau dari tingkat hunian hotel dan efek ekonomi lainnya.

"Formula E ini gagasan cemerlang Anies Baswedan, jadi wajib didukung agar ekonomi Jakarta dapat tumbuh lebih baik lagi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Formula E menjadi jurus jitu memperbaiki ekonomi Jakarta, membantu dunia usaha dan para UMKM menikmati hajatan formula E ini," demikian Irwandi.[]