Black Box Ditemukan, KNKT Siap Ungkap Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air

Black box (berwarna oranye dalam kotak) pesawat Sriwijaya Air /RMOL
Black box (berwarna oranye dalam kotak) pesawat Sriwijaya Air /RMOL

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi bagian paling krusial dalam pesawat Sriwijaya Air, yaitu kotak hitam atau black box. 


Diketahui, black box adalah piranti yang mampu merekam data penerbangan serta percakapan dalam kokpit antara pilot dan co pilot sesaat sebelum pesawat celaka atau jatuh. 

Black box Sriwijaya Air sendiri ditemukan oleh tim penyelam TNI Angkatan Laut di perairan Tanjung Kait, Kepulauan Seribu pada Selasa (12/1). 

Berikutnya, black box tersebut akan diserahkan kepada Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) guna diselidiki dan dibaca data penerbangannya atau Flight Data Recorder (FDR). 

Melansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa, Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono menjelaskan, pihaknya siap melakukan tugas tersebut untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu tersebut. 

"Mohon doa masyarakat agar pembacaan data FDR yang kami perkiraan makan waktu dua sampai lima hari berjalan lancar dan segera dapat mengungkap misteri yg jadi penyebab kecelakaan ini," kata Soerjanto. 

Meski demikian, Soerjanto menyebut bahwa yang cockpit voice recorder (CVR) yang berisi rekaman pembicaraan dalam kokpit belum ditemukan karena terpisah dari FDR. []