Cantiknya Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M   

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi istrinya, Fery Farhati, meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9)/Ist
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi istrinya, Fery Farhati, meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9)/Ist

Setelah hampir setahun yang lalu pembangunannya dicanangkan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang diinisiasikan oleh PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) dan berlokasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9).


Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini adalah salah satu bagian utama dalam pengembangan kawasan berorientasi transit Blok M-Sisingamaraja di Jakarta Selatan, di mana desain ruang kota menyatukan orang, kegiatan, bangunan dan ruang publik menjadi terintegrasi melalui konektivitas yang mudah. 

Anies berharap Taman Literasi Martha Christina Tiahahu bisa memudahkan masyarakat dalam mengkases berbagai literatur.

"Lebih dari 30 persen toko buku modern Indonesia berada di Jakarta serta terdapat 5.248 penerbit di kota ini," kata Anies saat memberikan sambutan.

Anies menginformasikan bahwa jumlah pengunjung perpustakaan di 5.600 lokasi di Jakarta dalam satu tahun mencapai 4,5 juta.

Namun menurutnya, DKI Jakarta membutuhkan simpul pertemuan ide dan gagasan dalam mengakomodasi seluruh literatur, agar warga yang ingin mengetahui hal ini dipermudah aksesnya.

"Jadi, sesungguhnya Jakarta ini adalah kota yang penuh dengan aktivitas literatur. Tapi, tidak memiliki simpul pertemuannya. Karena itu, kita bangunkan sebuah taman literasi untuk mengkonsolidasikan itu semua, dalam sebuah tempat berkegiatan," kata Anies.

Setelah diresmikannya taman tersebut, Anies berharap Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai literatur. 

Hal itu bisa dicontohkan dengan baik oleh keluarga, orangtua, ataupun sekolah yang ingin membawa anak-anaknya dekat pada kegiatan literasi, bisa mengetahui ke mana mereka harus pergi. []