Capres 2024, Nasdem Jabar Setor Nama Anies, Ganjar, Erick, dan Andika

Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa/RMOL
Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa/RMOL

Sejumlah nama akan disetorkan seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem dalam rapat kerja nasional (Rakernas) yang sedang berlangsung.


Nama-nama calon akan disampaikan langsung kepada Surya Paloh sebagai pucuk pimpinan partai dan akan dikerucutkan menjadi tiga nama.

Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa menuturkan, wilayahnya telah melakukan rapat kerja sejak bulan Mei dan telah menghasilkan empat nama.

“Nama-nama yang selama ini juga sudah berkembang. Jadi, seperti Pak Anies, Pak Ganjar, Pak Andika, Pak Erick Thohir. Itu nama-nama yang DPD-DPD usulkan ke DPW Jabar,” kata Saan di JCC, Senayan, Kamis (16/6).

Saan mengatakan, proses pengusulan nama tersebut dilakukan secara terbuka dan spontan, tanpa adanya paksaan.

“Yang memang dalam pandangan mereka itu layak untuk jadi capres dan layak diusulkan di forum rakernas ini untuk disampaikan ke ketum,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pertimbangan Jawa Barat mengusulkan empat nama tersebut selain karena subjektivitasnya, juga soal kapabilitas dan integritasnya dalam bekerja membangun Indonesia.

“Tapi juga nama-nama itu secara akseptabilitas di publiknya kan memang diterima. Mereka juga punya rekam jejak masing-masing yang dalam kacamata DPD sangat memadai,” imbuhnya.

Disinggung mengenai nama Menteri BUMN, Erick Thohir masuk dalam bursa calon presiden pilihan Nasdem Jabar, Saan menjawabnya diplomatis.

"Ada DPD yang mengusulkan. Kami usulkan aja, enggak ada yang dikurangi enggak ada yang dilebihin,” demikian Saan seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL. []