Cegah Covid-19, Terminal Kalideres Gelar Rapid Test Antigen Gratis Bagi Penumpang Secara Acak

Rapid Test Antigen gratis di Terminal Kalideres/lst
Rapid Test Antigen gratis di Terminal Kalideres/lst

Posko Rapid Test Antigen gratis didirikan di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, untuk para calon penumpang dalam rangka pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).


Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen menyebut bahwa posko rapid test antigen itu  dibentuk oleh Kementerian Perhubungan sejak libur Natal dan Tahun Baru 2021 lalu.

"Posko Rapid Test Antigen gratis ini sifatnya random. Jadi kami yang pilih penumpang mana yang dicek untuk bisa berangkat dengan bus," terang Revi saat dihubungi, Rabu (13/1).

Kedepannya, Revi menyebut, posko rapid test antigen ini tidak rutin diadakan sebab masih harus berkoordinasi dengan tenaga kesehatan.

"Ini kan masih koordinasi tenaga medis karena kita perlu perbantuan puskesmas. Puskesmas lagi ada vaksin nih makanya kita ikutin jadwal dari puskesmas," ucap Revi.

Meski tidak mewajibkan rapid antigen bagi penumpang yang hendak berpergian, namun Revi menyebut akan melakukan secara acak.

Mereka yang kedapatan tidak sehat dan hasilnya positif, dapat ditindak lanjuti oleh petugas medis yang berada di sekitar terminal.

"Enggak (bagi penumpang), itu kan secara random. Jadi acak, tapi banyak masyarakat yang periksa secara mandiri juga," tandas Revi.[]