Cegah Jakarta Banjir, Anies Agendakan Rapat Terbatas

RMOL. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menjelaskan pihaknya bakal menindak tegas bangunan liar di bantaran sungai.


Normalisasi sungai ini dilakukan dalam rangka mencegah banjir di Ibukota, mengingat Jakarta sudah memasuki musim penghujan. Bahkan beberapa hari terakhir Jakarta diguyur hujan deras.

Anies menilai salah satu penyebab terjadinya banjir di Jakarta lantaran pemukiman warga yang dibangun di bantaran sungai.

Unuk itu jugalah dirinya berencana membuat rapat pimpinan terbatas yang khusus untuk membahas normalisasi sungai.

"Ada banyak masalah. Kami kumpulkan lalu kami buatkan solusi di tiap-tiap wilayah, yang hari ini mengalami kendala dalam normalisasi sungai. Yang terjadi sudah jelas, potensi banjir menjadi sangat besar. Itu yang terkait dengan normalisasi yang tadi kami bicarakan agak panjang," ujarnya seusai rapat pimpinan (Rapim) di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (13/11).

Anies menambahkan dalam rapat tersebut, dirinya mendapat informasi mengenai kendala pemprov dalam melakukan normalisasi sungai. Bahkan dalam laporan, ada beberapa wilayah yang lebar sungainya sudah mencapai dua meter dari sebelumnya 10 meter.

"Dari sistem tadi saya lihat hampir semua permukiman warga, ketika saya tanya semua belum ada jawaban. Apakah ada IMB atau tidak apakah dibangun sesuai aturan atau tidak saat di bangun," ujarnya. [Bunaya/nes]