Cegah PPAT Terjerat Hukum, Hapendi Ajak Pengurus Golkan UU Pejabat Pembuat Akta Tanah

Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) di Puri Ratna Ballrom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta/Ist
Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) di Puri Ratna Ballrom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta/Ist

Setelah melalui Kongres Luar Biasa (KLB) Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akhirnya Hapendi Harahap terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) IPPAT periode 2021 - 2026.


Pasca KLB Lombok, Hapendi Harahap kemudian membentuk kepengurusan yang dilantik di Puri Ratna Ballrom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Pelantikan yang dihadiri langsung Wakil Ketua DPD RI periode 2014-2019, Akhmad Muqowam dilakukan secara offline dan online. 

Akhmad Muqowam mengatakan, IPPAT dapat terus berkonsolidasi dan melakukan pembenahan dalam rangka penguatan organisasi, baik keluar maupun ke dalam.

Menurut Muqowam, sebagai pejabat publik, PPAT harus mampu bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi etika profesi.

“PPAT punya peran penting, terlebih dalam hal pertanahan. Ibaratnya, PPAT adalah ujung tombak dalam konteks administrasi pertanahan. Untuk itu, unsur kehatian-hatian sangat diperlukan,” kata Muqowam yang dikutip redaksi, Selasa (13/4).

Sementara Hapendi Harahap meminta para pengurus yang baru dilantik bisa langsung bekerja untuk kemajuan organisasi. 

“Ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan ke depan. Misalnya, bagaimana kita menggolkan UU PPAT sebagai payung hukum bagi para PPAT di Indonesia," kata Hapendi.

Dengan adanya UU tersebut, kata Hapendi, maka PPAT akan lebih terlindungi dan aman dalam menjalankan profesinya.

“Sudah banyak PPAT tersangkut kasus hukum. Untuk itu, penguatan advokasi akan kita lakukan," kata Hapendi.

Selain itu, sambung Hapendi, pihaknya juga akan membangun kemitraan strategis dengan Kantor BPN, Polri, instansi pemerintah/lembaga lainnya dan perguruan tinggi.

Sementara Sekretaris Umum PP IPPAT periode 2021-2026 Otty Hari Chandra Ubayani mengharapkan para pengurus diharapkan terus menjaga soliditas dan keguyuban. 

“Ada banyak hal yang harus dikerjakan melalui perkumpulan IPPAT, yang muaranya adalah bagaimana PPAT bisa menjalankan profesinya dengan aman," kata Otty. []