Cegah Praktik Korupsi, Anies Digitalisasi Sistem Pemprov DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Ist

Pelaku korupsi akan terus berupaya mencari celah dalam memuluskan aksinya. Untuk itu diperlukan inovasi dan terobosan dalam mencegah terjadinya praktik korupsi.


Demikian yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjadi narasumber dalam diskusi virtual yang digelar Diksi Milenial Yogyakarta yang mengangkat tema 'Membedah Praktik Korupsi Kepala Daerah'. 

Anies menyampaikan, untuk mencegah terjadi praktik korupsi, pihaknya melakukan digitalisasi sistem di semua level di lingkungan Pemprov DKI. 

"Jadi dari mulai perencanaan itu sudah digitalisasi, kemudian pada saat penganggaran diteruskan dengan sistem digital, pada saat pengadaan dan juga begitu," kata Anies, Kamis (8/3). 

Tidak sampai di situ, Anies juga membentuk KPK Ibu Kota yang bertugas  membantu Gubernur dalam mengawasi dan memantau praktik yang terjadi di Pemprov DKI. 

"Harapannya bisa melakukan pencegahan dan bila terjadi masalah, maka kita bisa menindak dengan cepat, dan akan terus menerus lakukan peningkatan atas sistem kita," pungkas Anies. []