Cerita Firli Enggan Diberi Uang saat Bantu Kawannya Sukses

Ketua KPK, Firli Bahuri/lst
Ketua KPK, Firli Bahuri/lst

Salah satu sahabat dekat Firli Bahuri, Agus Suparman mengungkap sosok Ketua KPK itu sebagai pribadi yang tanpa pamrih ketika menolong seseorang.


Agus yang mengenal Firli sejak 18 tahun yang lalu ini mengungkap, ketika Firli menolong temannya menyangkut usaha dan berhasil dibantunya. Lalu teman itu, memberikan ucapan terima kasih kepada Firli berupa uang. Dengan sangat santun uang itu dikembalikan kepada yang bersangkutan.

“Kalau diterima berarti, itu artinya menyogok,” ungkap Agus, menirukan jawaban Firli, Senin (21/2).

Agus akan selalu ingat pesan Firli, bahwa pertemanan abadi adalah tanpa sogok menyogok. Inilah contoh kecil sikap mulia Firli. Mulai kehidupan sederhana, selalu bersyukur kepada Allah SWT. Semua dijaga Firli sampai sekarang.

Karena semuanya juga akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT. Mulai pergaulan dengan teman-temannya, selalu terlihat keakraban luar biasa.

“Saya pikir tadinya, kalau sudah jadi ketua KPK tidak akan bergaul dan membatasi diri dengan lingkungan dan sahabatnya. Pak Firli punya prinsip berteman jangan melihat saya sebagai ketua KPK. Tapi lihatlah secara peribadi, karena Pak Firli pernah menyampaikan teman yang abadi adalah teman yang saling bisa menjaga kebaikan. Mari kita selalu tanamkan kebaikan dengan siapapun,” papar Agus, menirukan kembali ungkapan Firli itu.

Di samping itu, Agus mengungkap Firli Bahuri disetiap acara dari mimbar ke mimbar selalu mengajak supaya pejabat tidak korupsi. Kepala daerah gubernur, bupati/walikota, pejabat lain juga kerap diigingatkan bahwa mereka adalah pemenang, orang terpilih.

Perjuangannya tidak mudah, sangat sulit. Karenanya, jangan menyerah menghadapi godaan yang mengajak mereka melakukan korupsi. Lawan mereka, katakan kepada mereka, jadi mulai hari ini kita ikrarkan tidak korupsi.  

“Itulah sedikit gambaran Pak Firli Bahuri dimata saya. Kalau sudah berceramah sangat menarik, membuat para pendengar begitu antusias dan bersemangat,” kata Agus

Agus bahkan mengaku beberapa kali menyaksikan Firli menjadi Narasumber. Materinya sangat tajam dan mengena dengan topik yang berlainan. Untuk itu, Ia turut mengajak kepada masyarakat Indonesia, mari membantu KPK dalam upaya pemberantasan korupsi di tanah air tercinta. Karena tidak mungkin KPK hanya bekerja sendirian.

“KPK akan terus sukses memberantas korupsi di Indonesia, jika ada andil seluruh lapisan masyarakat dengan melaporkan dan menyampaikan kepada KPK jika melihat dan mendengar  ada orang-orang yang akan korupsi,” demikian Agus.[]