Dailami Firdaus: Kemerdekaan RI Masih Jauh Api dari Panggang

Dailami Firdaus/Net
Dailami Firdaus/Net

Meski masih dalam masa pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun tidak mengurangi suka cita rakyat memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia.


Anggota DPD RI asal DKI Jakarta periode 2014-2019 Dailami Firdaus mengatakan, ibarat sebuah buah,  kemerdekaan bukan sekedar bagian kulit atau biji, tetapi isi yang sangat nikmat untuk dirasakan. 

"Tentu kita berharap nikmat merdeka tersebut tidak sebatas lahir atau fisik saja," kata Dailami dalam keterangannya, Selasa (17/8).

Bahkan, menurut Dailami, yang lebih utama adalah nikmat ruh kemerdekaan yang berbentuk keamanan,  kenyamanan,  ketentraman, keadilan,  kesetiaan dan kesejahteraan.

Karena itu, lanjut Dailami, sejatinya mengisi kemerdekaan haruslah dengan sesuatu yang ber-“isi” pula. Pengisi kemerdekaan haruslah memiliki kemerdekaan secara hakikat. 

"Kalau tidak, maka tidak akan mampu dan tidak akan dapat mengisi kemerdekaan dengan sebenar-benarnya. Tentu kita sangat tidak mau berada dalam kemerdekaan yang semu," kata Dailami.

Namun apa mau dikata, Dailami menegaskan, kemerdekaan Indonesia seperti masih jauh api dari panggang.

Pasalnya hingga saat ini publik masih disuguhkan ketimpangan- ketimpangan sosial, penegakan hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Bahkan dalam kondisi pandemi Covid-19 anggaran bantuan sosial pun masih dikorupsi.

"Belum lagi sulitnya mengakses hak kesehatan, hak pendidikan. Terus masih kita lihat perampasan lahan atas nama investasi, pembalakan liar, pengalihfungsian lahan sosial dan sumber daya alam yang tidak bisa dinikmati dan dikelola oleh bangsa sendiri," demikian Dailami.[]