Dapat Asimilasi Covid-19, Lucinta Luna Bebas Dari Penjara

Lucinta Luna/Net
Lucinta Luna/Net

Figur publik Lucinta Luna atau Ayluna Putri dapat menghirup udara bebas setelah menjalani hukuman beberapa waktu terakhir. 


Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pas, Rika Aprianti menjelaskan, bebasnya Lucinta Luna lantara mendapatkan asimilasi Covid-19 berdasarkan Permenkumham nomor 32/2020 tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat bagi narapidana dan anak.

"Yang bersangkutan dinyatakan memenuhi syarat administratif dan substantif untuk menerima asimilasi di rumah dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19," kata Rika melalui keterangan tertulis, Senin (15/2)

Meski sudah dinyatakan bebas, namun Rika menyebut akan terus melakukan pemantauan kepada Lucinta Luna. Pemantauan akan dilakukan oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas).

"Bahwa yang bersangkutan menjalankan asimilasi berada di bawah bimbingan dan pengawasan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Barat. Seluruh kegiatan pengeluaran asimilasi di rumah bagi warga binaan pemasyarakatan Ayluna Putri ini dilaksanakan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan," lanjut Rika.

Seperti diketahui, Lucinta Luca ditahan oleh Satrasnarkoba Polres Metro Jakarta Barat terkait penyalahgunaan narkotika.

Lucinta dijerat Pasal 127(1) UU RI No 35/09 dan resmi ditahan 12 Februari 2020. []