Demokrat Masuk 3 Besar Di Survei, Diduga Dapat Limpahan Dari Gerindra

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mencium tangan ayahnya/Net
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mencium tangan ayahnya/Net

Partai Demokrat mencatatkan angka yang cukup baik dalam survei yang digelar Lembaga Timur Barat Riset Center (TBRC). Bahkan, partai berlambang bintang mercy itu berhasil duduk di posisi tiga besar. 


Koordinator Survei TBRC, Johanes Romeo menduga, moncernya perolehan suara Demokrat tersebut lantaran mendapat limpahan suara dari pemilih Partai Gerindra. 

"Pemilih partai lain yang memiliki garis kepemimpinan dari TNI yang pada 2019 menjadi simpatisan Partai Gerindra mengalihkan pilihannya ke Partai Demokrat," ujar Johanes dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (23/2). 

Selain itu, Johanes juga menilai perolehan suara Demokrat berasal dari sosok ketua umumnya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Sosok AHY yang muda dan energik, imbuh Johanes, sangat efektif dalam menarik simpati kaum milenial yang menjadi kelompok usia pemilih potensial dan selalu diperebutkan di setiap pemilu. 

Dalam survei yang digelar 26 Januari sampai dengan 10 Februari 2021, PDIP masih di urutan pertama dengan perolehan 14,40 persen. Posisi kedua ada Golkar dengan 14,20 persen. Demokrat dipilih sebanyak 11,20 persen.

Kemudian di posisi 4 ada Gerindra dengan tingkat keterpilihan 7,90 persen dan posisi kelima PKB dengan 6,20 persen. []