Dianggap Tokoh Religius, Anies-Cak Imin-Khofifah Cocok Berduet Dengan AHY

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/Ist
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono/Ist

Menghadapi hajatan Pilpres 2024, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dianggap lebih cocok jika berpasangan dengan tokoh yang bernapas religius.


Demikian pandangan pakar politik dan hukum Universitas Nasional, Saiful Anam yang dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (11/6).

"Kita tahu Partai Demokrat sendiri mengusung tagline Nasionalis Religius, untuk itu lebih pas misalnya apabila AHY berpasangan dengan tokoh yang sangat dekat dengan Islam, misalnya Cak Imin, Khofifah maupun Anies misalnya," ujar Saiful.

Cak Imin atau Muhaimin Iskandar adalah Ketua Umum PKB, Khofifah Indar Parawansa adalah Gubernur Jawa Timur, sementara Anies Baswedan adalah Gubernur DKI Jakarta. 

Akan tetapi, kata Saiful, hal tersebut tidaklah mudah karena partai politik lain juga akan memperebutkan simpul tokoh-tokoh yang sangat dengan religius. 

"Seperti Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem bahkan PDIP sekalipun juga berharap dukungan dari parpol maupun tokoh yang dekat dengan NU maupun Muhammadiyah," sebut Saiful.

Dengan demikian, menurut Saiful, tidak ada salahnya bagi AHY untuk memulai menjalin hubungan baik dengan tokoh-tokoh yang dekat dengan simpul religius. 

"Sehingga dapat menaikkan lagi popularitas AHY dan Partai Demokrat pada Pilpres dan Pemilu 2024 mendatang," demikian Saiful. []