Dikunjungi 43 Ribu Orang dalam Sehari, F-PAN Minta Ancol Ditutup hingga 17 Mei

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Farazandi Fidinansyah/RMOLJakarta
Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Farazandi Fidinansyah/RMOLJakarta

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Farazandi Fidinansyah meminta agar Dinas Pariwisata DKI Jakarta menutup kawasan wisata Ancol mulai besok hingga libur lebaran selesai.


Farazandi menilai, langkah itu sebagai solusi akibat kawasan Ancol dikunjungi 43.000 orang pada kemarin (14/5). 

Selain itu, usulan tersebut juga karena pengelola Ancol dianggap lalai dalam menegakkan aturan kapasitas pengunjung sebanyak 30 persen.

“Dinas Pariwisata harus tegas menutup Ancol, ini konsekwensi yang harus diterima karena melanggar aturan soal kapasitas kunjungan,” ujar Farazandi kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Sabtu (15/5)

Dalam kondisi normal daya tampung kawasan rekreasi Ancol mencapai 120.000 orang. Padahal aturannya hanya 30 persen berarti maksimal 36.000 orang saja yang harusnya berada di kawasan wisata Ancol.

“Karena saat pandemi seperti ini, 43.000 orang dalam suatu area di saat bersamaaan itu sangat mengerikan, dan itu sangat kontradiktif dengan upaya-upaya pemerintah provinsi dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada sisi yang lain,” ungkap Farazandi.

Protokol kesehatan soal pencegahan kerumunan mestinya menjadi prioritas utama pengelola Ancol.

“Pakai masker, tes genose dan protokol kesehatan lainnya akan percuma jika aturan soal pencegahan kerumuman dalam hal ini aturan kapasitas tidak dipenuhi,” Kata Farazandi. []