Dinas Gulkarmat Manfaatkan Gedung Pemda Lama untuk Bangun Pos Damkar

Pos Pemadam Kebakaran/net
Pos Pemadam Kebakaran/net

Jumlah pos pemadam kebakaran (damkar) di Jakarta masih belum sebanding dengan kelurahan yang ada. Tercatat, baru tersedia 150 pos damkar dari 267 kelurahan di Jakarta.


Dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran diamanatkan, setiap kelurahan minimal memiliki satu pos damkar.

Menurut Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, pengadaan pos Damkar terkendala ketersediaan lahan.

Satriadi pun berinisiatif menekan pengeluaran anggaran pengadaan lahan untuk pendirian pos damkar. Salah satunya memanfaatkan gedung atau kantor pemerintah daerah lama dan lahan kosong yang tidak terpakai.

Ia menambahkan, upaya penambahan pos damkar akan dilakukan bersamaan dengan inventarisasi aset milik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bisa dimanfaatkan.

“Kita terus berupaya menambah pos sesuai yang diamanatkan perda. Makin banyak pos makin bagus," katanya seperti dikutip redaksi, Selasa (12/4).

Berdasarkan data, pada 2021 terdapat penambahan delapan pos damkar dengan rincian Pos Damkar Pulau Pari, Pos Damkar Mangga Besar, Pos Damkar Glodok, Pos Damkar Sektor Pesanggrahan, Pos Damkar Manggarai, Pos Damkar Ragunan 2, Pos Damkar Kelapa Dua Wetan dan Pos Damkar Pondok Ranggon.

Satriadi merencanakan pada tahun ini akan membangun satu pos damkar tambahan lagi di kawasan Jatinegara.

“Delapan pos damkar tahun 2021 tidak semua dari anggaran kita. Tapi ada yang dari swadaya warga. Jadi warga sediakan posnya, kita siapkan unit dan personel," tandasnya.[]