Dinkes DKI: Vaksin Booster Kedua Bagi Lansia Sudah Tersedia

Ilustrasi/net
Ilustrasi/net

Lonjakan kasus Covid-19 membuat pemerintah mengambil langkah ekstra dalam pencegahan. Kementerian Kesehatan saat ini telah mengizinkan suntikan vaksin booster kedua atau dosis vaksin keempat untuk lansia.


Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Ngabila Salama, MKM, menjelaskan booster kedua untuk lansia baru bisa diberikan dengan jenis kombinasi vaksin Pfizer dan Zifivax.

"Selama lansia sudah memiliki tiket vaksin keempat di aplikasi PeduliLindungi, silahkan datang ke lokasi vaksin di Jakarta," katanya kepada wartawan, Kamis (24/11).

Berdasarkan Surat Edaran No. HK.02.02/C/5565/2022, vaksinasi booster kedua bagi orang berusia di atas 60 tahun dimulai pada Selasa (22/11).

Tetapi untuk lansia yang belum menerima vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua, mereka harus terlebih dulu melengkapi vaksinasi sebelum mendapatkan booster.

"Lansia yang baru sembuh dari Covid-19 mendapat booster dia yaitu paling cepat satu bulan dari dinyatakan sembuh," sambung Ngabila.

Instruksi vaksinasi booster bagi lansia telah diberikan kepada fasilitas pelayanan dan pos kesehatan di seluruh Indonesia.[]