DKI Temukan 2.540 Pelanggar Masker Selama 9 Hari PPKM Jilid II

Arifin/Net
Arifin/Net

Selama sembilan hari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid II atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pengetatan sejak Senin (26/1) hingga Rabu malam (3/2), Satpol PP DKI Jakarta telah memberikan sanksi terhadap 2.540 orang yang melanggar aturan penggunaan masker.


Rinciannya, 2.470 orang dikenai sanksi kerja sosial dan 70 sanksi denda.

"Nilai denda yang dikumpulkan dari pelanggar masker Rp 14,1 juta," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin melalui keterangan tertulis Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/2).

Selain denda pelanggar masker perorangan, kata Arifin, pihaknya juga menjatuhkan denda terhadap tempat usaha makanan minuman/restoran/rumah makan yang melanggar protokol kesehatan.

"Ada satu rumah makan yang dikenai denda dan 33 lainnya dibubarkan atau diberikan teguran tertulis ," kata Arifin.

Sementara itu, untuk sektor perkantoran, tempat usaha, dan tempat industri ada 5 dihentikan sementara kegiatannya, 62 diberikan teguran tertulis. Serta ada 365 yang tidak ditemukan pelanggaran. Dengan total 532 tempat yang dipantau.

Arifin mengatakan, pihaknya akan tegas terhadap bentuk pelanggaran-pelanggaran PSBB. 

"Harapannya, masyarakat dapat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penularan Covid-19," pungkas Arifin. []