Dorong Pertumbuhan UMKM, Anies Gandeng Berlin Kembangkan Program Designers Lab

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu tumpuan dalam pemulihan ekonomi baik dalam skala nasional maupun daerah yang terdampak pandemi Covid-19. 


Untuk itu, pemerintah terus berupaya mendorong agar UMKM bisa berkembang dan bangkit dari keterpurukan. Upaya tersebut turut dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah komando Gubernur Anies Baswedan. 

Dalam rangka mendorong tumbuh kembang UMKM ini, Pemprov DKI menggandeng negara bagian Berlin di Jerman melalui Program Designers Lab sebagai salah satu program Jakpreneur. 

Gubernur Anies menjelaskan, Program Designers Lab ini diluncurkan untuk mendukung kemajuan ekosistem para pelaku usaha rintisan atau start-up di wilayah Jakarta yang bernaung pada Jakpreneur. 

"Selama pandemi ini kami mencoba menciptakan wadah yang membuat pelaku usaha tumbuh lebih cepat," kata Anies saat peluncuran program tersebut, Selasa (14/9). 

Nantinya, dengan adanya Program Designers Lab ini para pelaku usaha start-up akan mendapatkan sejumlah fasilitas seperti pelatihan, koneksi dengan pasar hingga hubungan dengan institusi keuagan. 

Selain itu, imbuh Anies, Pemprov DKI juga akan turut memberikan fasilitas dengan memberikan dorongan dari sisi permintaan. 

"Kami di pemerintah berperan meningkatkan permintaan yang harapannya dapat memicu suplai dan itu juga kesempatan bagi UMKM," tandasnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Anies merinci ada sekitar 1,1 juta UMKM yang beroperasi di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Dari jumlah itu, sebanyak 140 ribu di antaranya sudah bergabung dengan Jakpreneur. 

Anies berharap, kolaborasi Pemprov DKI dengan Berlin ini dapat menghadirkan ekosistem yang lebih baik dalam mendukung pertumbuhan start-up di Jakarta. []