Dua Polisi Tersangka Pembunuhan Laskar FPI Ternyata Masih Aktif

Rekonstruksi tewasnya enam laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta Cikampek, Karawang, Jawa Barat/Net
Rekonstruksi tewasnya enam laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta Cikampek, Karawang, Jawa Barat/Net

Meski sudah berstatus tersangka pembunuhan laskar FPI, dua anggota Polda Metro Jaya rupanya masih tercatat sebagai polisi aktif. 


Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, sebagaimana diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (14/4). 

"Sejauh ini masih anggota Polri," ujar Ahmad. 

Menurutnya, status keduanya masih aktif lantaran masih ada proses yang harus dilakukan. Ia menjelaskan, kedua polisi itu tidak dinonaktifkan, melainkan untuk sementara masih dalam proses pemeriksaan. 

"Pemahaman bebas tugas dalam pengertian Polri ini diberhentikan. Sementara posisinya dalam pemeriksaan. Jadi nanti salah persepsi. Kalau dibebastugaskan artinya diberhentikan," ujar Ahmad menjelaskan.

Sebelumnya, penyidik Bareskrim Polri telah rampung melakukan serangkaian gelar perkara dalam kasus dugaan pembunuhan di luar hukum atau unlawful killing terhadap Laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM50 Karawang, Jawa Barat.

Hasilnya, tiga anggota Polda Metro Jaya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Hanya saja, satu anggota telah dinyatakan meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan tunggal pada bulan Januari 2021, sehingga kasus ini menyisakan dua tersangka.

Kedua tersagka diduga melanggar Pasal 338 Jo pasal 351 KUHP tentang pembunuhan. []