Dukung Ekonomi Kreatif, DKI Berpartisipasi di Tokyo Game Show 

Dinas Parekraf DKI Jakarta mendukung para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta yang berpartisipasi dalam Tokyo Game Show 2022 pada 15-18 September 2022/Ist
Dinas Parekraf DKI Jakarta mendukung para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta yang berpartisipasi dalam Tokyo Game Show 2022 pada 15-18 September 2022/Ist

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mendukung para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta yang berpartisipasi dalam Tokyo Game Show 2022 pada 15-18 September 2022. 


Perwakilan pelaku ekonomi kreatif DKI Jakarta yang akan menjadi exhibitor di Tokyo Game Show 2022 adalah Anantarupa Studios, Enspire Studios, dan Caravan Studios yang tergabung dalam CAKRA Association. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata berharap CAKRA Association sebagai perwakilan pelaku kreatif pengembang permainan DKI Jakarta dapat berjejaring, melakukan benchmark, memamerkan, serta memasarkan game buatan anak bangsa di Tokyo Game Show 2022. 

"Sehingga nantinya dapat memberikan nilai tambah bagi industri pengembang permainan di DKI Jakarta dan Indonesia,” kata Andhika Permata seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Sabtu (17/9).

Salah satu karya yang akan ditampilkan oleh Anantarupa studios di Tokyo Game Show 2022 adalah game Lokapala. Game Lokapala merupakan e-sports pertama dari Indonesia dan di Asia Tenggara yang terinspirasi dari penelitian budaya pada naskah kuno untuk memperkenalkan pahlawan-pahlawan sejarah dan mitologi lokal.

Lokapala juga pernah menjadi salah satu cabang pertandingan olahraga / e-sports di PON XX Papua dan Piala Presiden E-sports 2021. 

Andhika menambahkan, industri pengembang permainan (game developers), merupakan salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang semakin meningkat dan berkembang pada saat masa pandemi.

Bahkan secara global menghasilkan pendapatan yang lebih besar dibanding gabungan industri film dan musik, Jakarta menjadi rumah dan pusat bagi pengembang permainan (game developers) di Indonesia. 

“Indonesia merupakan market game terbesar di Asia Tenggara dan menempati ranking 16 dunia, serta memiliki tingkat pertumbuhan per tahun secara Compounded Annual Growth Rate (CAGR) tertinggi di dunia yaitu 37%," kata Andhika.

Namun, pengembang permainan lokal hanya menguasai 0,4% market share nasional. Dengan potensi yang begitu besar, sub sektor pengembang permainan layak mendapat perhatian khusus. 

Sementara, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi menyambut kedatangan para pengembang game dari DKI Jakarta di Tokyo Game Show 2022. 

Heri Akhmadi berkunjung ke booth CAKRA Association dan menyampaikan keyakinannya bahwa industri game Indonesia dapat menjadi tulang punggung sekaligus katalisator bangkitnya ekonomi Indonesia. 

"Dengan keikutsertaan Jakarta di Tokyo Game Show 2022 dapat bermanfaat untuk memperkenalkan game Indonesia ke tingkat global dan mampu mendorong kerja sama serta kolaborasi dengan para pelaku industri game di Jepang," kata Heri. 

Tokyo Game Show merupakan sebuah pameran pengembang permainan (game developers) dan permainan video (video gaming) terkemuka di Asia dan dunia yang diadakan setiap tahun di Jepang. []