Elektabilitas Salip PAN dan PPP, Kader Optimis Perindo Tembus Senayan

Partai Perindo/Net
Partai Perindo/Net

Elektabilitas Partai Perindo terus mengalami peningkatan. Dengan semakin dikenalnya Partai Perindo oleh banyak kalangan, partai tersebut diperkirakan akan masuk ke Senayan pada Pemilu 2024 mendatang.


Hasil survei yang dilakukan Indonesia Polling Stations (IPS) menunjukkan partai yang dipimpin Harry Tanoesoedibjo (HT) itu berada di posisi 8. Perindo sukses mengungguli beberapa partai besar seperti PPP dan PAN.

Wakil Ketua DPW Perindo DKI Jakarta Sugiyanto mengaku senang dengan hasil lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) yang menempatkan Perindo di peringkat 8. 

 "Saya dan kader di seluruh Indonesia optimis Perindo akan memperoleh kursi parlemen di Senayan," kata Sugiyanto dalam keterangannya, Kamis (11/8).

Menurut Sugiyanto, saat ini publik semakin percaya bahwa Partai Perindo selalu terdepan membatu mengatasi persoalan rakyat kecil. Selain itu, Perindo juga berkomitmen mensehjaterakan seluruh rakyat Indonesia.

Dari hasil survei IPS diketahui elektabilitas partai Perindo berada pada angka 3,5 persen. Perolehan angka ini menyalip PAN yang hanya mencapai elektabilitas 2,8 persen dan PPP 1,9 persen.

Sugiyanto menilai raihan 3,5 persen elektabilitas Partai Perindo ini hampir melewati syarat ambang batas parlemen atau parliamentary theshold 4 persen pada pada Pemilu 2024.

Dengan elektabilitas Perindo 3,5 persen, artinya hanya terpaut selisih kurang 0,5 persen saja dari persyaratan ambang batas parlemen 4 persen. 

"Kami percaya insya Allah elektabiltas Partai Perindo akan melampaui ambang batas parlemen 4 persen," kata Sugiyanto.

Di samping itu, saat ini publik juga menganggap Perindo adalah partai yang bersih dan konsisten menjaga kesatuan dan persatuan serta cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Karena itulah wajar saja apabila banyak tokoh yang merapat ke Perindo, salah satunya mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul MajdI.

"Insya Allah target Ketua Umum Perindo Bang Hary Tanoesoedibjo agar Perindo minimal memperoleh 60 kursi di DPR RI dan 10 kursi DPRD DKI Jakarta bisa terwujud," kata Sugiyanto.

Sebagaimana diketahui, IPS telah merilis hasil survei. Berdasarkan keterangan IPS, seandainya saat ini dilaksanakan pemilu, maka partai-partai yang akan dipilih oleh responden IPS didapati hasilnya adalah sebagai berikut: PDIP: 22,3%, Gerindra: 17,8%, Golkar: 10,9%, Demokrat: 10,8%  PKS: 6,8%, PKB: 6,7%, NasDem: 3,6%, Perindo: 3,5%, PAN: 2,8%, PPP: 1,9%, PSI: 1,1%, Hanura: 0,5%, Gelora: 0,4%, Ummat: 0,4%, PBB: 0,2%, partai lainnya: 1,2%, undecided: 9,1%.

Survei IPS dilakukan selama periode 1-8 Agustus terhadap 1.220 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka.

Teknik pengambilan sampel survei tersebut dilakukan melalui teknik acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. []