Gegara NasDem Capreskan Anies, Parpol Lain Berlomba Cari Lawan Sebanding

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh/Net
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh/Net

Partai NasDem dianggap merubah peta perpolitikan setelah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres). Hal itu membuat partai politik (parpol) lain harus berpikir dan berlomba-lomba mencari lawan yang sebanding.


Direktur Pusat Riset Politik, Hukum, dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam berpendapat, dukungan NasDem terhadap Anies akan totalitas. Surya Paloh sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem diyakini sudah berpikir strategis dalam pencalonan Anies.

"Tentu keputusan yang diambil Nasdem menjadi daya kejut bagi parpol lain, selain elektabilitas dan kapasitas Anies yang mumpuni, juga partai-partai lain akan berlomba-lomba mencari lawan sebanding Anies," kata Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (7/10).

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini menilai, NasDem akan menawarkan solusi bagi bangsa di tengah ancaman berbagai krisis multidimensi. 

Bahkan, parpol lain juga ingin mempertahankan eksistensinya untuk dapat berlaga pada kesempatan berikutnya, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali memilih memberikan dukungan kepada kandidat potensial yang akan mampu mengangkat citra partai.

"Tawaran Nasdem kepada partai lain sangat mudah, karena Nasdem boleh dikata pegang kartu kendali kandidat potensial, sehingga peluang bagi Nasdem sangat signifikan untuk dapat meyakinkan partai lain untuk bergabung bersama dengan koalisi guna mendukung pencapresan Anies," pungkas Saiful. []